Wednesday, October 24, 2007

Minyak wangi

Anda tahu, apa itu minyak wangi? Yap, minyak yang wangi baunya...Tapi, ada bedanya antara minyak wangi yang murni dengan parfum. Kalau parfum udah berupa campuran bahan2 kimia sintetis tapi kalau minyak wangi murni bukan berupa campuran. Dua-duanya menghasilkan aroma yang harum. Tapi, efeknya bagi kesehatan beda!!! Kalau minyak wangi murni yang sering disebut sebagai minyak atsiri (essential oil) bisa dipakai buat terapi bagi tubuh kita but kalau parfum gak bisa dipakai buat terapi. Kalau parfum paling2 cuma dapet harumnya aja. Lain dengan minyak atsiri yang memberikan aroma yang menyegarkan dan bisa merangsang kelenjar di otak untuk memproduksi hormon yang berefek sangat baik buat tubuh.
Minyak atsiri meliputi minyak mawar, nilam, melati, cendana, ylang-ylang, jahe, cengkeh, sereh and masih banyak lagi. Mengetahui lebih dalam tentang minyak atsiri....it's so amazing. Seneng dech mengenal macem-macem jenis atsiri. Kalau bisa produksi minyak atsiri dalam skala besar, lumayan tuch, bisa mandiri banget dalam hal finansial coz minyak atsiri kan harganya mahal guys!!!
Konon minyak atsiri bisa buat terapi stress and meningkatkan hubungan yang harmonis dalam rumah tangga. Hmmm...Moga aja kita2 dianugerahi rumah tangga harmonis dan penuh berkah, cinta dan kasih sayang-Nya, amiin..^_^...

4 comments:

adityanugroho said...
This comment has been removed by the author.
adityanugroho said...

kalo minyak zaitun itu kategori minyak wangi juga bukan? aye punya minyak zaitun biasanye dipakai buat pijat, baunya enak sih, hehehe.

Arifiyah said...

Minyak wangi yang aku maksud di atas adalah minyak atsiri(essential oil). Kalo ditanya, Apakah minyak wangi masuk kategori minyak atsiri? Jawabannya tidak. Minyak zaitun tidak termasuk minyak atsiri karena minyak zaitun gak mudah menguap. Minyak zaitun tergolong minyak non atsiri. Kalo toh bau dari minyak zaitun itu cukup harum mungkin itu ada campuran dari minyak atsiri nya, makanya jadi berbau enak. Minyak atsiri bagus sekali buat AROMATERAPI. Aromaterapi bisa dilakukan dengan cara : Pemijatan, berendam, dan menghirup. Kalo menghirup tuch caranya dgn meletakkan beberapa tetes minyak atsiri pada sedikit air di atas anglo(tungku kecil) yang dipanasi dengan lilin sehingga aromanya merata di sekeliling ruangan. Pemijatan dilakukan dengan minyak yang non atsiri seperti minyak zaitun/alpokat yang ditetesi sedikit minyak atsiri. Kalo minyak atsiri murni buat pijat, kulitnya kasian...bisa iritasi...
So,untuk pijat butuh minyak non atsiri seperti minyak zaitun buat campuran.
Ayo gali lebih dalam sains buat disyukuri... okay....^_^

adityanugroho said...

"Minyak Zaitun, Mengandung minyak dari Buah Zaitun. Digunakan sebagai massage oil untuk kulit seluruh tubuh yang kering dan bersisik agar terasa halus dan lembut"

Depkes RI: No. CD 1007000761

Begitu yang tertera di kemasannya, memang tidak ada kata 100% minyak zaitun sih, mungkin ada campuranya dari minyak astiri dan itu yang membuat menjadi wangi.

Thanks untuk share ilmunya ^_^