Wednesday, April 18, 2007

Senyawa Formalin dalam Tubuh Jenazah Cliff


Cliff Muntu yang merupakan korban kekerasan di IPDN mendapat suntikan satu liter formalin. Sebenarnya apa tujuan dari penyuntikan formalin ini kalau bukan untuk membuat agar jenazah jadi awet. Jenazah yang telah awet tentu saja membuat penyidikan terhadap penyebab kematiannya jadi terhambat. Identifikasi penyebab kematian jenazah yang organ-organ tubuhnya telah kaku akibat pengaruh formalin ini sulit dilakukan karena kondisi fisik tubuh jenazah berubah menjadi lebih rigit/kaku.
Aku sangat tidak sepakat dengan penyalahgunaan formalin tersebut. Menurutku tiap chemical atau bahan kimia semisal formalin itu sangat terlarang buat disalahgunakan. Penyalahgunaan chemical tersebut sangat berpotensi merugikan keselamatan orang banyak. Formalin yang disuntikkan ke tubuh jenazah Cliff Muntu dapat mengawetkan organ-organ tubuhnya dan menghilangkan jejak penyebab kematiannya. Yang dikhawatirkan adalah terbebasnya pelaku kekerasan dari bukti-bukti kekerasan yang dilakukan sehingga si pelaku ini tidak tersentuh hukum. Dengan demikian, tindak kejahatan yang dilakukan oleh si pelaku kekerasan bisa terlegitimasi.
Buat siapa aja, Don’t you use the chemical for crimes otherwise Your crimes will make you suffer! Tiap chemical or bahan kimia itu Insya Allah bermanfaat kalau digunakan sebagaimana mestinya. Kalau kita salahgunakan, maka kitalah yang akan menanggung akibatnya! Let’s Safe Our Life With Doing The Best Attitude....

No comments: