Friday, June 1, 2007

Wangi



Aroma menyejukkan macam apa ini yang singgah di indra penciumanku? Mmm...Bau yang menyenangkan... Subhanallah...

Selidik punya selidik...ternyata keponakan mungilku baru saja main parfum mawar punya ibu. Keharuman yang begitu sempurna. Puji syukur bagi-Nya yang mencipta wewangian yang menyejukkan.

Kala kita mencium bau wangi bunga, sering kita tak menyadari bahwa ada senyawa-senyawa dalam bunga itu yang terhirup oleh hidung kita. Senyawa yang mudah menguap (volatil) itu berikatan dengan molekul ujung syaraf sensorik hidung. Kemudian impuls/pesan disampaikan oleh syaraf ke otak. Dengan demikian kita bisa mencium bau wangi dari bunga itu. Senyawa-senyawa yang mudah menguap ini umumnya berasal dari minyak atsiri yang terkandung dalam tanam-tanaman tertentu seperti melati, mawar, sereh, nilam, lavender (pengusir nyamuk), mint, dll. Wangi aroma dari beberapa tanaman sering pula digunakan untuk keperluan pengobatan. Ini biasa dikenal dengan aromaterapi.

Biasanya aromaterapi itu digunakan dengan cara memanaskan air yang dituangi minyak atsiri (essential oil) dari tanaman tertentu dengan tungku kecil. Uap yang dihasilkan ketika dihirup dapat menghasilkan efek relaksasi bagi tubuh. Saat menghirup aroma tersebut, senyawa-senyawa volatil seperti monoterpena, diterpena, atau triterpena dapat terhirup oleh hidung, masuk ke dalam tubuh menjalankan fungsinya memberikan efek relaksasi, melawan bakteri dan radikal bebas, memperbaiki proses metabolisme dalam tubuh.

1 comment:

Akid said...

Dimana saya boleh mencari minyak jintan hitam di Malaysia?