Monday, December 18, 2006

Hujan


Apakah hujan itu? Hujan adalah butiran-butiran H2O dari kumpulan uap air di lapisan troposfer yang turun ke bumi Allah. Kalo kulit muka terkena hujan lebat, rasanya sakiiit coz tekanan air hujan terhadap kulit sepertinya cukup besar. So, pengen deh nutupin muka kalo lagi kehujanan pas naik motor atau jalan lagi gak pake payung. Brrrr….Tapi, kalo dinikmati, rasanya gak ada beban….rasanya tetep fresh karena gak tersentuh oleh emosi…So, moga kita gak buru-buru ngeluh kalo harus berhadapan dengan hujan lebat.
Ada yang unik dibalik peristiwa “hujan”. Apakah itu? Mari renungkan sendiri....Butiran-butiran H2O yang jatuh sebagai hasil kondensasi uap air itu melukiskan kekuasaan-Nya mengatur keseimbangan siklus air sehingga kehidupan di bumi bisa berlangsung normal. Tidak ada sedikit pun kepincangan pada alur siklus air ini. Jumlah air yang menguap dan yang jatuh di bumi punya kadar yang sama persis. Jika terjadi sedikit aja kepincangan, maka keseimbangan hidup di alam akan terganggu dan bisa memunculkan ancaman terjadinya kerusakan ekosistem. So, hujan yang merupakan ayat kauniyah Allah ini moga membawa kita untuk mau membaca dan merenungkannya.
“…..Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan yang maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu melihat sesuatu yang tidak seimbang? Kemudian pandanglah sekali lagi niscaya penglihatanmu akan kembali kepadamu dengan tidak menemukan sesuatu cacat dan penglihatanmu itu pun dalam keadaan payah” (QS. Al-Mulk : 3-4).

No comments: