Thursday, December 14, 2006

Merah Menyala


Ada sesuatu yang spesial dari berbagai jenis buah-buahan yang tampak berwarna merah menyala, warna merah menawan. Sebut saja buah merah dan mahkota dewa. Dua buah memiliki kandungan senyawa flavonoid yang turut andil dalam memunculkan warna merah menyala pada buah. Flavonoid dalam buah merupakan antioksidan yang bisa melawan radikal-radikal bebas dalam tubuh.
Tubuh manusia banyak mengandung radikal-radikal bebas yang berasal dari makanan dan minuman yang kurang hygiene, makanan berlemak, makanan gosong, polusi, asap, kontaminasi kuman penyakit, dan lain-lain. Radikal bebas yang cuma punya satu elektron terluar ini sangat reaktif sehingga mudah berikatan dengan dengan elektron dari molekul jaringan-jaringan tubuh. Dengan demikian, radikal bebas bisa memacu kerusakan jaringan tubuh. Hal tersebut bisa diatasi dengan mengkonsumsi antioksidan dari tanam-tanaman atau buah-buahan.
Umumnya buah-buahan memiliki kandungan antioksidan. Namun untuk buah dengan warna merah menyala seperti mahkota dewa dan buah merah, kita tidak boleh mengkonsumsi dalam jumlah banyak pada satu waktu. Ini disebabkan kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan bisa menjadi racun jika dosisnya terlalu besar. So, untuk menjaga stamina tubuh dan menangkal radikal bebas, cukup mengkonsumsi sari buah merah seminggu sekali atau lima irisan kering buah mahkota dewa/satu sendok makan teh mahkota dewa dua kali sehari.
So, mengapa tidak mulai dari sekarang memanfaatkan tanam-tanaman obat dan mengurangi konsumsi obat-obatan kimia sintetik?

No comments: